Kapal-kapal di Kalimantan Barat Dilarang Berlayar

Diposting : admin • Kamis, 09 Jan 2013 18:26 • Dilihat 211
Share via :

Kapal-kapal di Kalimantan Barat Dilarang Berlayar - (amp/BCC)


 PONTIANAK,BCC--Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat  melarang kapal barang dan penumpang untuk melakukan pelayaran, karena saat ini terjadi cuaca ekstrim di wilayah perairan kalbar. 

 Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pontianak melarang kapal barang dan penumpang untuk melakukan pelayaran hingga Selasa 15 Januari 2013  pekan depan.  

Larangan berlayar diberlakukan syahbandar, karena saat ini terjadi cuaca ekstrim di wilayah perairan kalbar, yaitu terjadinya angin kencang dan gelombang tinggi yang mencapai tujuh meter, terutama di wilayah laut China Selatan dan Selat Karimata.  

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Pencegahan Dan Patroli Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Pontianak, Suhardi, mengatakan larangan berlayar terutama bagi kapal-kapal mesin yang dibawah seribu gross ton.  

 “Sementara kapal-kapal diatas seribu gross ton akan diberikan izin . Apabila kondisi kapal benar-benar memungkinkan,”katanya, pada sejumlah wartawan di Pontianak, Rabu 9 Januari 2013.

Suhardi mengatakan, kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan pontianak lebih mengutamakan keselamatan berlayar, untuk itu pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorology, Klimatologi Dan Geofisika Pontianak, guna memantau perkembangan angin kencang dan gelombang tinggi, untuk selanjutnya disampaikan kepada perusahaan pelayaran. (amp)

 

 

Copyright © LPSAIR 2014 - Borneoclimatechange

Komentar :